Cyber Monday merupakan penjualan online dengan diskon besar-besaran di hari Senin. Program ini muncul setelah program Black Friday sukses di Amerika Serikat (AS).
Cyber Monday secara informal tercipta dalam sebuah diskusi
online pada tahun 2003 dan dipopulerkan pada tahun 2005 oleh media dan
pengecer yang ingin meningkatkan penjualan online.
Selama satu dekade terakhir, Cyber Monday telah berkembang
setiap tahun dengan peningkatan penerimaan perdagangan elektronik.
Namun, tidak semua pemilik bisnis online meraup keuntungan dari fenomena
pemasaran ini.
Berikut adalah beberapa tips sukses memasarkan produk dalam Cyber Monday, seperti dilansir dari about.com, Jumat (28/11/2014).
1. Sukses memasarkan dengan email
Mempromosikan Cyber Monday melalui teknik pemasaran dari
orang ke orang cuma bisa sukses di masa lalu. Terkadang, sebuah email
dengan penulisan yang baik dapat menjadi lebih efektif daripada harus
menghabiskan banyak waktu dengan teknik marketing biasa.
2. Gunakan media sosial untuk memancing pelanggan
Pesan gratis dan berbayar di situs-situs seperti Facebook, Twitter, dan Instagram selama
masa liburan akan memicu orang-orang untuk melakukan pembelian khusus.
Pertimbangkan insentif khusus seperti diskon, istilah pembiayaan yang
menarik, harga waktu terbatas untuk meningkatkan minat, dan sebagainya
untuk membuat pelanggan lebih tertarik lagi.
3. Perbarui website e-commerce dan halaman website
E-mail yang efektif dan kampanye media sosial Cyber Monday tidak akan berpengaruh jika halaman arahan website ataupun situs e-commerce mengecewakan. Sebelum menambahkan promosi kampanye tertentu, pastikan untuk meninjau dan memperbarui website e-commerce Anda.
4. Ramah ponsel
Sukses dengan penjualan online, Cyber Monday akan dibuat dengan ponsel, tablet, atau notebook. Pertimbangkan menghubungkan toko online Anda ke aplikasi yang user friendly atau
pastikan bahwa itu adalah ponsel responsif. Dengan mobilitas orang di
zaman sekarang, membuat aplikasi pada gadget sangat dibutuhkan.
5. Jangkau masyarakat dunia
Meskipun 75 persen penjualan Cyber Monday berasal dari AS, beberapa
negara juga akan menjadi pasar yang memiliki prospek baik di masa
depan. Negara berpotensi tersebut diantaranya Kanada, Inggris dan
Australia. Namun, Brasil, Rusia, India, China dan Jepang juga perlu
dipertimbangkan dalam potensi tersebut.
Sehingga, perlu dilakukan terjemah Website ke dalam beberapa bahasa
dan kemampuan untuk menerima berbagai mata uang yang akan membuka aliran
pendapatan baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar