Pertumbuhan bisnis online diperkirakan terus meroket pada tahun 2014
mendatang. Pergeseran perilaku belanja masyarakat yang mulai menyukai
belanja secara online semakin menumbuhkan potensi bisnis secara
elektronik ini.
General Manager JogjaCamp, penggagas Jejualan.com, Herlin Dwi
Yudiandari mengatakan peminat bisnis online semakin meningkat dari hari
ke hari. Ramainya bisnis online ini lantaran bisnis tersebut gampang
dijalankan.
"Siapapun bisa menjalankan bisnis ini, apalagi sosial media juga
menjamur," jelas Herlin di sela workshop Branding & Digital
Marketing Toko Online di Jogja Expo Center, belum lama ini.
Meski bisnis online juga banyak yang hanya dijalankan berbekal sosial
media saja, namun banyak juga pebisnis online yang menggarap toko
online-nya dengan serius sebagai bagian dari branding.
Sebagai contoh di perusahaan rintisan yang menyediakan platform toko
online Jejualan.com . Sejak didirikan setahun lalu kini penggunanya
telah menembus angka 12 ribu. Jejualan.com merupakan jasa pembuatan toko
online yang awalnya tanpa berbayar alias gratis. Bahkan sejak
diterapkan berbayar, pengguna aktif nya mencapai angka 1400 member.
"Pengguna berbayar di kami setahun ini sudah ada 1400 member," jelas Herlin.
Dari 12 ribu pengguna jasa perusahaan rintisan asal Kota Gudeg ini,
menurut dia 80 persen diantaranya merupakan pebisnis-pebisnis dari luar
DIY dari kota-kota besar seperti Medan, Jakarta, Surabaya dan
Balikpapan. Dari riset yang dilakukan pelaku bisnis online mayoritas
dari kalangan anak muda dan sebagian lainnya ibu-ibu rumahtangga.
"Mereka yang membangun bisnis online dan menggunakan jasa Jejualan.com kebanyakan re-seller," jelasnya.
Di Yogyakarta, kata dia, sebenarnya bisnis online sangat menjanjikan
apalagi usaha kecil menengah (UKM) di wilayah ini menjadi penggerak
ekonomi. Namun sayangnya, kata dia UKM di Yogya belum banyak yang
melakukan penjualan secara online.
"UKM belum banyak terjamah karena mungkin mereka lebih bergerak di
produksi. Padahal marketing online potensinya cukup besar di sektor
ini," jelasnya.
Jejualan sendiri memungkinkan pengguna membuat toko online tanpa
harus memikirkan pemrograman di situs web. Saat ini ada dua pilihan
layanan yang ditawarkan yakni Gold seharga Rp 60 ribu per bulan dan
platinum seharga Rp 200 ribu per bulan. Layananan Jejualan.com juga
dibantu layanan live chat 24 jam.
Herlin menargetkan pada 2014 ini porsi pengguna gratis 20-30
persennya akan masuk menjadi member berbayar. Adapun mengantisipasi
resiko penipuan penjualan secara online, Herlin menyebut data base
pengguna yang dilengkapi data diri seperti KTP dan nomor rekening
menjadi filter.
"Jadi kalau ada penipuan dan ada aduan bisa dilacak. Sejauh ini hal seperti itu belum ada," ucapnya.
Adapun di seminar tersebut, narasumber yang dihadirkan selain
memberikan tips cara berbisnis online juga memberikan ilmu strategi
branding dan pemasaran produk online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar